Mesin Forklift Diesel Sulit Dihidupkan
Kejadian menyebalkan ini memang seringkali terjadi, ketika forklift diesel sulit dihidupkan atau tidak dapat hidup sama sekali dan gejala lain seperti setelah di starter berulang kali baru dapat dihidupkan, atau ketika mesin sudah dalam keadaan panas baru mudah untuk meghidupkannya, dan biasanya mesin diesel pada forklift sulit dihidupkan disaat pagi hari, ketika akan memulai pekerjaan.
Hal biasa yang menjadi penyebab utama dari permasalahan ini adalah kondisi mesin dalam keadaan dingin, dan
biasanya disebabakan oleh glow plug atau
busi pemanas yang bermasalah, atau bisa juga permasalahan pada kelistrikan busi
pijar.
kerusakan
busi pemanas mesin diesel, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
- Control Relay Timer unit yang rusak
- Relay busi
pemanas
- Fuse busi
pemanas
- Busi Pemanas & Busi Pijar Sudah Tidak Layak
Cara menganalisa dan menentukan rusak
atau tidaknya bagian kelistrikan busi pemanas yaitu dapat dilakukan dengan memeriksa tegangan pada terminal busi pijar sesaat setelah kunci kontak pada posisi dihidupkan, Jika tegangannya terdapat nilai 12 Volt untuk mesin diesel yang menggunakan satu buah accumulator, berarti busi pijar anda dalam keadaan normal. Jika busi pijar
normal, periksalah busi pemanas, karena jika busi pemanas rusak mesin tidak
dapat berpijar walaupun terdapat tegangan 12 volt beberapa detik ketika kunci
kontak dihidupkan busi pemanas didalam mesin tetap tidak dapat berpijar untuk menyalakan
mesin.
selanjutnya cobalah untuk memeriksa busi pemanas apakah
masih bagus atau tidak, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memeriksanya yaitu :
1. Lakukan
pengecekan dengan ampere meter
Ukurlah tegangan Ampere meter atau tang ampere untuk melihat arus listrik yang mengalir ke busi pijar secara keseluruhan. Contoh busi pijar dengan dengan nilai tahan 1ohm dan dengan tegangan accu 12 volt, untuk satu busi pijar akan mengaliri 12 ampere arus listrik secara keseluruhan, jika sebuah mesin menggunkan 4 busi pijar maka total tegangan busi pijar secara keseluruhan adalah 48 ampere, dan dari nilai ampre keseluruhan kita bisa mengetahui dan menganalisa busi pijar masih bekerja atau tidak.
Ukurlah tegangan Ampere meter atau tang ampere untuk melihat arus listrik yang mengalir ke busi pijar secara keseluruhan. Contoh busi pijar dengan dengan nilai tahan 1ohm dan dengan tegangan accu 12 volt, untuk satu busi pijar akan mengaliri 12 ampere arus listrik secara keseluruhan, jika sebuah mesin menggunkan 4 busi pijar maka total tegangan busi pijar secara keseluruhan adalah 48 ampere, dan dari nilai ampre keseluruhan kita bisa mengetahui dan menganalisa busi pijar masih bekerja atau tidak.
2. Lakukan pengecekan dengan Avo
meter
Anda bisa menggunakan avo meter
digital atau avo meter classic (Avo Jarum), pilih skala pada ohm meter untuk
mengukur nilai resistensi atau nilai tahanan pemanas pada busi pijar. Nilai
tahanan busi pemanas yang normal biasanya kurang dari 1 ohm. Untuk mengukur
nilai tahanan pada tiap tiap busi pijar, lepaskan soket accu (Aki), atau
matikan kunci kontak. Kemudian buka kabel utama ke busi pijar kemudian lepaskan
plat penghubung busi pijar. Lalu ukur nilai tahanan pada ujung busi pemanas
dengan body busi pemananas yang tertanam pada mesin.
Jika anda sudah melakukan semua hal diatas namun tetap tidak berhasil menjalankan forklift diesel tersebut, mungkin ada hal lain yang menjadi penyebab utama, yang perlu dianalisa dan dipebaiki secara mendalam, maka anda mungkin perlu sedikit bantuan langsung dari mekanik kami untuk memperbaiki forklift diesel anda segera hubungi kami di line telfon dibawah ini, kami siap membantu anda, terimakasih semoga bermanfaat.
Maaf mau naya ko splar porklif gk naik k pmbakaran d statr tidak mau hidup
BalasHapusMana saya tau, saya kan ikan
BalasHapus